Peranan Bahasa Inggris untuk UKM Indonesia

Peranan Bahasa Inggris untuk UKM Indonesia - Seiring berkembangnya era digital di indonesia, ditandai dengan semakin banyaknya  usaha-usaha UKM di indonesia. Peran Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional sangat vital. Era digital dan Internet ini para pelaku UKM dituntut untuk setidaknya mengetahui penggunaan Bahasa Inggris, banyak teknologi yang sangat mendukung pelaku UKM dalam melakukan pemasaran baik secara offline ataupu online membutuhkan pengetahuan akan Bahasa Inggris. 
Peran pemerintah dalam mendorong Bangkitnya Semangat UKM Indonesia ditandai dengan semakin gencarnya program-program permenrintah untuk mendukung agar UKM itu terus berkembang pesat. 

UKM sekarang ini merupakan potensi bisnis yang sangat digalakkan oleh pemerintah, semakin banyak masyarakat berwirausaha maka semakin baik dan kokoh perekonomian suatu negara. Dengan adanya UKM sumber daya lokal, pekerja lokal, dan pembiayaan lokal dapat terserap dan bermanfaat secara optimal. Berdasarkan data biro pusat statistik, sektor UKM yang memiliki proporsi unit usaha terbesar  adalah sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan. perdagangan, hotel dan restoran. industri pengolahan. pengangkutan dan komunikasi jasa. 

Pengertian UKM

Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.” Wikipedia.

Peranan Bahasa Inggris bagi para pelaku UKM

Salah satu bekal yang harus dimiliki oleh para pelaku UKM yaitu kemampuan dalam berbahasa asing, salah satunya bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa utama masyarakat dunia untuk berkomunikasi. Bahasa Inggris dipakai untuk urusan diplomasi, pendidikan, bisnis, dagang, ekonomi, politik dan sosial budaya. peran bahasa Inggris sangat penting untuk mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Bahasa Inggris dalam mengembangkan usaha para pelaku UKM karena para pelaku UKM dituntut berjualan secara online. Jadi para pelaku UKM harus siap untuk itu. Di era digital, dimana sudah tidak ada lagi batas wilayah, maka penguasaan Bahasa Inggris menjadi suatu keniscayaan. Apalagi untuk para pebisnis seperti UKM menguasai Bahasa Inggris menjadi hal yang penting.

EF English First telah menjadi solusi untuk para pelaku UKM maupun profesional dengan kelas bisnisnya yaitu EF Adults kursus bahasa Inggris profesional – adalah kursus Bahasa inggris untuk mahasiswa/ siswa dewasa yang ingin meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk situasi bisnis.

Materi pengajaran kursus bahasa Inggris untuk bisnis ini antara lain meliputi keterampilan berpidato, bernegosiasi dan berbicara lewat telepon. EF Adults juga menggunakan materi pelatihan dari Sekolah Bisnis Harvard untuk membantu siswa belajar lebih banyak pengetahuan tentang bisnis sambil belajar bahasa Inggris.

Melalui program EF Adults kursus bahasa Inggris profesional ini, EF English First telah membantu ribuan profesional dan pelaku bisnis UKM dari ratusan perusahaan multinasional di seluruh dunia untuk menjadi lebih produktif.

Jika dilihat dari kebutuhan diatas, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan mengapa para UKM harus menguasai kemampuan bahasa inggris yaitu:

Pelanggan yang dilayani oleh UKM bukan berasal dari Indonesia saja, namun juga mencakup Negara-negara di ASEAN.Hal ini tentu menuntut para pelaku UKM Indonesia untuk mampu menguasai bahasa inggris dengan baik agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal sesuai dengan kebutuhan pasar.

Adanya persaingan usaha dan tenaga kerja yang semakin kompetitif untuk merebut peluang pasar yang ada. Para pelaku UKM tidak hanya mengandalkan pelanggan local dari Indonesia serta menggunakan strategi bertahan. Para pelaku UKM harus bisa semakin kompetitif mengembangkan usaha dan memanfatkan peluang yang ada.

Perkembangan Teknologi dan Informasi yang sudah tentu dalam bahasa Inggris menuntut para pelaku UKM untuk bisa menguasai bahasa Inggris guna mempelajari dan memanfaatkan tehnologi dan informasi dalam membantu perkembangan usaha yang dimiliki.
LihatTutupKomentar