Apa itu SEO Lokal – Pengertian dan Manfaatnya untuk Website

Apa itu SEO Lokal - Pengertian dan Manfaat Website - Pernahkah Anda mencari restoran baru di suatu kota melalui mesin pencari seperti Google? Hasil pencarian biasanya akan diurutkan mulai dari yang terdekat dengan lokasi Anda. Nah, hasil pencarian tersebut bisa muncul berkat performa SEO lokal. Lalu, apa itu SEO lokal?

Apa itu SEO Lokal?

Secara sederhana, SEO lokal adalah metode atau proses optimasi SEO yang dilakukan oleh sebuah bisnis agar bisa muncul di pencarian lokal. Lalu seberapa efektif SEO lokal? Faktanya, sebanyak 46% pengguna Google melakukan pencarian lokal dan 29% dari pencarian tersebut akan menghasilkan pembelian. Setidaknya ada 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan SEO Lokal:

Daftarkan dan lengkapi profil Google Bisnisku

Mendaftar di Google Bisnisku adalah salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan saat melakukan optimasi SEO lokal. Pasalnya, data menunjukkan lebih dari 96% pengguna internet di Indonesia menggunakan Google sebagai mesin pencari utama.

Riset kata kunci

Selain dipengaruhi oleh jarak lokasi bisnis, hasil pencarian lokal juga dipengaruhi oleh peringkat website secara organik. Anda dapat meningkatkan peringkat situs web Anda dengan melakukan riset kata kunci untuk memahami apa yang diinginkan atau dicari oleh target konsumen Anda.

Riset kata kunci dapat dilakukan dengan bantuan berbagai alat SEO, baik gratis maupun berbayar.

SEO Pada Halaman

Untuk memudahkan mesin pencari memahami konten website, Anda harus melakukan optimasi SEO on page. Semakin mudah konten diidentifikasi oleh mesin pencari, maka semakin tinggi pula potensi website tersebut untuk muncul di hasil pencarian.

Menambahkan Kutipan NAP

NAP Citation adalah kutipan informasi bisnis di internet yang terdiri dari nama, alamat dan nomor telepon (Nama, Alamat, Nomor Telepon). NAP Citation adalah salah satu faktor yang mempengaruhi hasil pencarian lokal. Jika informasi bisnis sering muncul di internet, berarti bisnis Anda semakin eksis.

Tambahkan informasi bisnis ini di semua platform yang digunakan, misalnya di website, media sosial, dan tentunya akun Google Bisnisku milik Anda. Pastikan juga informasi bisnis yang disertakan selalu sama dan relevan.

Perhatikan ulasan pengunjung

Bayangkan mencari hotel di dekat Anda dan menemukan tiga tempat berbeda. Dua tempat memiliki peringkat bintang 4 dan satu tempat memiliki peringkat bintang 5, mana yang akan Anda pilih? Tentu Anda kemungkinan besar akan memilih hotel dengan rating yang lebih tinggi.

Dengan melakukan optimasi SEO lokal, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk menarik pelanggan baru di sekitar lokasi bisnis. Salah satu cara termudah untuk mulai mengoptimalkan SEO lokal adalah dengan melengkapi informasi Google Bisnisku.

LihatTutupKomentar